Labels

Jumat, 13 Januari 2012

Profil Ir. H. Dede Yusuf

Yusuf Macan Effendi
Laki-Laki
Islam
Jakarta, 14 September 1966

Biografi :

Yusuf Macan Effendi atau populer dengan nama Dede Yusuf, lahir di Jakarta, 14 September 1966. Dede sebelumnya dikenal sebagai seorang aktor laga baik sinetron maupun layar lebar, belakangan dirinya terjun di dunia politik.

Dede mengawali karir politiknya sebagai pengurus PAN (Partai Amanat Nasional). Pada Pemilu 2004, dirinya terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI) untuk pemilihan Jawa Barat.

Pada 2008 Dede berkesempatan mencalonkan diri sebagai wakil gubernur Jawa Barat, berpasangan dengan Ahmad Heryawan. Secara mengejutkan Dede yang dicalonkan koalisi PKS dan PAN itu berhasil mengeruk kemenangan, mengungguli Agum Gumelar yang merupakan calon terkuat saat itu.

Dede sendiri adalah anak kedua dari pasangan (alm) Ir. Tammy Effendi dan penyanyi Rahayu Effendi, sedangkan kakak kandungnya adalah Bob Soelaiman Effendi. Ayah Dede (alm) pernah bekerja sebagai Direktur Taman Ismail Marzuki (TIM), yang mengurusi tempat pertunjukan dan kesenian tersebut. Sementara ibunda, adalah seorang penari di Istana Bogor dan Pramugari Garuda yang beralih profesi menjadi bintang film pada 1965.

Saat kehamilan Dede Rahayu Effendi membintangi film MACAN KEMAYORAN yang kemudian sukses di masyarakat. Hal inilah yang membuat ayahnya memberi nama Macan padanya.

Dede remaja banyak tertarik pada olahraga Body Building dan Beladiri dan mengidolakan aktor Hollywood yang kini menjadi gubernur Kalifornia, Arnold Schwarzenegger. Tidak hanya pencak silat, Dede juga mempelajari Karate, Kungfu, Kempo, Jujitsu dan Taekwondo.

Kemampuan beladirinya telah membentuk karakter Dede, bahkan terobsesi layaknya bintang beladiri Bruce Lee. Ia kemudian mengikuti casting sebagai figuran Stuntman Fighter di film laga. Dede memerankan karakter cameo bersama Barry Prima, George Rudy, Advent Bangun, bintang laga yang saat itu tengah naik daun. Selain juga tampil sebagai foto model di majalah ibukota.

Mulailah Dede terjun di dunia selebritis, dan bahkan kuliahnya yang memasuki tahun keempat di Fakultas Teknologi Industri Universitas TRISAKTI ditinggalkannya.

Debut seni aktinya dimulai pada 1986, berperan sebagai pemeran pembantu CATATAN SI BOY, arahan sutradara kondang Nasry Cheppy. Dilanjutkan sejumlah film sukses lainnya, hingga memerani tokoh Jojo dalam serial TV, JENDELA RUMAH KITA (TVRI), yang diputar selama empat tahun (1989-1992) dan serial JALAN MAKIN MEMBARA.

Ia juga pernah membintangi sekaligus menjadi sutradara film REINKARNASI dan berhasil meraih pernghargaan sebagai Film Laga Terpuji Festival Film Bandung 2000. Dede juga pernah menjadi pemandu acara kuiz TAK TIK BOOM yang diputar selama 6 tahun (1992 – 1998).

Beberapa produk iklan juga dibintanginya, termasuk Tira jeans, Homy Ped, Bodrex, Bosowa motor, Green Sands, dll. Namun yang masih dibintanginya hingga kini (selama 14 tahun) adalah menjadi icon penjualan obat sakit kepala, BODREX.

Dede sebelumnya pernah bergabung dengan KOSGORO 1992, sebagai salah satu pengurus Pusat. Namun kemudian Dede maju sebagai kandidat Ketua Umum PARFI (Persatuan Artis Film Indonesia) meski harus kalah dengan Sys.NS. Dede akhirnya dipilih menempati posisi Sekjen.

Dede sendiri adalah suami Ir.Sendy Ramania Wurandani, mahasiswi Tehnik Industri Trisakti yang dinikahinya pada awal 1999. Dari perkawinan mereka dikaruniai, dua putri, Alifiya Arkana Paramita (Lifi) Dan Kaneishia Latifa Zahra (Neisya).

0 komentar:

Posting Komentar